Langsung ke konten utama

EKONOMI KREATIF MENINGKATKAN POTENSI DESA WISATA

EKONOMI KREATIF MENINGKATKAN POTENSI DESA WISATA

Bagaimana ekonomi kreatif dapat meningkatkan potensi suatu kawasan wisata, tentunya harus mempromosikan desa tersebut kepada masyarakat dengan berbagai cara. Keberadaan desa wisata yang letaknya di pelosok tidak diketahui oleh masyarakat umum, tentu tidak bisa dikatakan sebagai desa wisata.
Hal ini dikarenakan masyarakat belum mengetahui desa wisata ini, padahal potensinya cukup bagus. Oleh karena itu, masyarakat setempat harus bekerjasama dengan pemerintah untuk memperkenalkan desa wisata melalui ekonomi kreatif.

EKONOMI KREATIF MENINGKATKAN POTENSI DESA WISATA
Bagaimana ekonomi kreatif dapat meningkatkan potensi daerah wisata
Upaya peningkatan potensi kawasan wisata sebenarnya mudah dilakukan, apalagi jika desa tersebut sudah menerapkan ekonomi kreatif. Padahal, ekonomi kreatif semacam ini sudah bisa masuk ke pedesaan jika masyarakat sendiri memiliki ide dan gagasan yang inovatif.
Jika benar ide-ide kreatif dan inovatif tersebut tidak muncul, tentu pemerintah akan memperkuat pelatihan masyarakat terlebih dahulu agar mereka memahami apa itu ekonomi kreatif. Berikut cara yang tepat bagaimana ekonomi kreatif dapat meningkatkan potensi daerah wisata :
Di era digital ini, hampir semua orang sudah memiliki handphone untuk berkomunikasi, bahkan banyak yang memiliki smartphone dengan kualitas foto dan video yang sangat bagus. Sehingga fitur ini dapat digunakan untuk memotret suatu kawasan wisata kemudian menciptakan ide dengan menggunakan prinsip ekonomi kreatif untuk meningkatkan perekonomian kawasan tersebut nantinya.
Jenis ekonomi kreatif ada banyak, salah satunya karya berupa konten fotografi dan video. Hal ini dikarenakan memotret bukanlah hal yang mudah, karena pemilihan angle yang tepat dapat memberikan inspirasi yang menarik, dan tentunya dapat memberikan daya tarik tersendiri bagi desa wisata sehingga dikenal oleh masyarakat lebih luas sehingga lebih banyak menarik wisatawan dan memiliki potensi untuk mendapatkan keuntungan dari keramaian wisatawan di desa wisata.
2. Membuat kerajinan tangan
Bagaimana ekonomi kreatif dapat meningkatkan potensi daerah wisata yaitu dengan menampilkan hasil kerajinan yang dapat dibuat oleh masyarakat lokal dengan menerbitkan ide-ide kreatif dan inovatif. Tentu saja membuat kerajinan tangan bukanlah pekerjaan yang mudah, karena para pelaku ekonomi yang membuat kerajinan tangan tersebut nantinya harus memiliki ide, dan ide tersebut tidak datang begitu saja.

EKONOMI KREATIF MENINGKATKAN POTENSI DESA WISATA
Jika harga jual kerajinan ini tinggi, tentu dapat mendorong potensi kawasan wisata setempat. Oleh karena itu, tidak hanya menghadirkan desa wisata, tetapi juga menawarkan kerajinan tangan yang dibuat oleh penduduk setempat dengan menjual ide-ide kreatif dan inovatif mereka.
3. Lakukan pemasaran
Bagaimana ekonomi kreatif dapat meningkatkan potensi suatu kawasan wisata, salah satunya pemasaran dari hal-hal unik yang ada di kawasan wisata itu sendiri atau di desa. Dalam hal pemasaran, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan, entah itu menggunakan media sosial online atau media online yang tersedia. Selain itu, media offline seperti brosur, brosur, baliho, dll juga bisa digunakan untuk pemasaran.
Sekaligus mengedepankan ide-ide yang dapat memasarkan potensi kawasan wisata ini pada tahap selanjutnya, tentunya tidak hanya pemasaran, tetapi juga bagaimana melakukan pemasaran untuk menarik masyarakat ke kawasan wisata tersebut.
4. Meningkatkan pelatihan pemandu wisata
Bagaimana industri kreatif dapat meningkatkan potensi daerah wisata, itu tentu menjadi aspirasi pemerintah agar pramuwisata mendapat perhatian lebih untuk edukasi industri kreatif. Pemandu wisata seperti ini memang tidak membawa daya tarik yang unik bagi wisatawan masa depan, apalagi tanpa pengalaman yang cukup di industri kreatif, tentunya menyulitkan para pemandu wisata ini untuk membantu wisatawan masa depan.
Industri kreatif sangat besar peranannya dalam mendukung potensi daerah wisata dengan mengembangkan dan mengembangkannya agar dikenal masyarakat luas. Jika terjalin kerjasama yang baik antara para pelaku industri kreatif ini dengan negara, tentu ada hasil yang menawarkan potensi besar bagi kawasan wisata.
Untuk memperluas kawasan wisata dapat dilakukan dengan menawarkan wisata kuliner kepada pengunjung sehingga meningkatkan nilai jual kawasan tersebut. Wisata kuliner merupakan salah satu bentuk ekonomi kreatif yang kemungkinan besar memiliki potensi besar untuk meningkatkan jumlah desa wisata yang dikunjungi wisatawan.

EKONOMI KREATIF MENINGKATKAN POTENSI DESA WISATA
Karena wisata kuliner sudah merambah banyak daerah di perkotaan, yang tentunya memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, apalagi masakan yang Anda sajikan memiliki cita rasa yang lezat dan tidak sebanding dengan restoran lainnya. Oleh karena itu, dalam memperkenalkan wisata kuliner sebaiknya tidak hanya mengenalkan menu saja, tetapi juga keunikan tersendiri, baik itu keindahan maupun pelayanannya, yang dapat memberikan kenyamanan lebih bagi wisatawan yang datang.

*BACA JUGA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS
*BACA JUGA INFO LAINNYA DI GOOGLE TRENDS

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daya beli di Pasar Kuliner Surabaya membaik 

Daya beli di Pasar Kuliner Surabaya membaik  Bisnis dan operasional di kota Surabaya adalah operasional yang bisa bertahan dari pandemi. Hal ini tercermin dari pertumbuhan transaksi di awal tahun 2023. "Dibandingkan dengan tingkat tahunan, pertumbuhannya bisa 60-70 persen," kata ekonom kuliner Agoes Tinus Lis Indrianto kemarin (13/2). Dari momen Natal dan Tahun Baru, Anda bisa merasakan pertumbuhan yang jelas. Setelah itu, tren terus naik hingga Februari tahun ini. Dekan Fakultas Pariwisata Universitas Ciputra Surabaya mengatakan, daya beli masyarakat sudah kembali normal. "Pekerjaan dan ekonomi mulai stabil. Oleh karena itu, uang yang ada sudah dapat digunakan." Daya beli di Pasar Kuliner Surabaya membaik  Karena itu, kini restoran dan kafe mendapatkan keuntungan seperti sebelum pandemi. “Memang pembukaan cabang baru atau pendirian restoran baru sudah di depan mata,” jelasnya. Artinya pengusaha dan konsumen optimis dengan situasi saat ini. Karena itu, Agoes meliha

5 ide bisnis makanan modern di tahun 2023

5 ide bisnis makanan modern di tahun 2023 Makanan kekinian adalah salah satu ide bisnis yang bisa diimplementasikan di tahun 2023. Karena setiap tahunnya selalu ada makanan kekinian yang viral yang biasanya banyak diminati dan didambakan banyak orang. Namun, memasuki dunia usaha atau bisnis tentunya tidak mudah. Tentunya meskipun Anda sudah memiliki ide makanan modern yang ingin Anda terapkan, masih diperlukan beberapa langkah sebelum akhirnya Anda memulai bisnis yang menjual makanan tersebut kepada pelanggan. Dibutuhkan modal, pola pikir dan strategi yang tepat untuk menilai semua konsekuensi yang mungkin terjadi. Sebelum menyelami tips memulai bisnis makanan modern, simak dulu beberapa tren makanan kekinian yang bisa Anda sesuaikan. tonton lebih banyak   1. dimsum Makanan modern jenis ini merupakan makanan khas China yang dikukus dan disajikan dengan saus atau sambal yang khas. Ada banyak pilihan dan banyak penjual bahkan menjual dim sum masing-masing seharga Rp 1000. Ide bisnis bis

5 Makanan dan Minuman yang Diharapkan Sukses di Tahun 2023 | Enak dan sehat!

5 Makanan dan Minuman yang Diharapkan Sukses di Tahun 2023 | Enak dan sehat! 5 Makanan dan Minuman di Tahun 2023 | Enak dan sehat! Tak terasa kita harus mengucapkan selamat tinggal pada tahun 2022. Selama setahun terakhir, makanan Korea Selatan, Jepang, dan Indonesia berhasil merajai tren kuliner di jejaring sosial, terutama di TikTok dan Twitter. Menurut laporan Food Network, tren makanan di tahun 2023 sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tahun 2022. Padahal, makanan Korea Selatan yang berasa seperti api akan terus mendominasi tren makanan di tahun 2023, seperti: B. Dakgangjeong atau ayam manis dan pedas. Nah, tren makanan ini pasti akan menjadi ide penjualan yang menarik bagi para retailer tahun ini. Mungkin untuk menginspirasi Anda menjual uang, berikut sepuluh tren makanan yang kemungkinan besar akan viral di tahun 2023. 1. Katsu Sando Sandwich ala Jepang yang diisi dengan katsu wagyu, telur, dan sayuran diperkirakan akan populer di tahun 2023, mengalahkan sandwich buah. 2. Ayam Pe