Langsung ke konten utama

5 makanan khas Pemalang ini akan membuat lidah Anda bergetar

5 makanan khas Pemalang ini akan membuat lidah Anda bergetar

Kabupaten Pemalang terletak di jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa Tengah. Pemalang juga memiliki segudang kuliner unik yang sayang untuk dilewatkan.
Dikutip dari berbagai sumber, berikut pilihan kuliner khas Pemalang Jawa Tengah yang siap menggelitik lidah Anda.
5 makanan khas Pemalang ini akan membuat lidah Anda bergetar
1. Nasi Grombyang
Makanan khas pemalang pertama adalah nasi grombyang. Nasi grombyang adalah nasi campur khas Pemalang di Jawa Tengah.
Nama masakan ini berasal dari penyajiannya yaitu antara isi dan kuahnya lebih banyak kuahnya, sehingga terlihat seperti jig. Irisan daging sapi beserta sambal dan sate kerbau biasanya disertakan dalam beberapa nasi grombyang. Keduanya disajikan secara terpisah. Tidak diketahui secara pasti kapan masakan khas Pemalang ini dibuat.
Namun menurut warga Pemalang, Nasi Grombyang sudah ada sejak tahun 1960-an. Salah satu nasi Grombyang yang terkenal adalah nasi Sirandu Grombyang dari Pak Warid di Jl Gatot Subroto, N0:
31, Kebondalem, Bojongbata, Pemalang.
2. Sate Loso
Hidangan khas Pemalang yang kedua adalah Sate Loso. Sate loso biasanya menggunakan daging kerbau sebagai bahan utamanya.
Namun dalam perkembangannya, kini sudah banyak produk sate loso yang menggunakan daging sapi. Daging diasinkan sebelum diasapi. Ada dua jenis sambal yaitu sambal kacang dan sambal sate. Uniknya, sate ini disajikan dengan lauk berupa urat, tulang muda, dan buncis.
Dagingnya sendiri sangat empuk karena menyerap daging kerbau dari dalam, sehingga tidak perlu dikunyah. Menurut cerita, nama Sate Loso ini berasal dari penciptanya Mbah Loso.
Sate Loso yang cukup terkenal di Pemalang ini ada di Jl. Urip Sumoharjo N0.327, Pelutan,
5 makanan khas Pemalang ini akan membuat lidah Anda bergetar
3. Kepiting lemburi
Pecinta seafood pasti sudah tidak asing lagi dengan sajian kepiting dari Lemburi ini. Hidangan kepiting lemburi ini sangat populer di dekat pantai dan di Kabupaten Pemalang.
Kepiting lemburi merupakan makanan khas Pemalang yang biasanya dimasak agar cangkangnya empuk. Bahkan, cangkang kepiting bahkan bisa digigit dengan mulut. Kepiting yang diperoleh dari hutan bakau diolah dengan racikan bumbu yang kuat membuat kepiting ini nikmat. Selain itu, campuran kangkung yang disajikan sebagai lauk membuat kuliner ini semakin nikmat.
4. Pecak Belut
Pecak Belut sudah ada sejak tahun 1975. Sambal yang digunakan pada masakan khas ini merupakan sambal khas Kabupaten Pemalang yang terbuat dari sambal terasi yang dicampur bumbu dan santan.
Sajian ini menjadi favorit pengguna jalan luar kota yang kebetulan melintas dan singgah di Pemalang. Tidak semua orang menyukai daging belut, namun patty belut ini patut dicoba karena memiliki rasa pedas dan asin yang berpadu sempurna.
5.Lontong Dekem
Lontong dekem adalah makanan yang berisi lontong yang dikukus dengan kuah kuning. Masakan khas Pemalang ini antara lain lontong iris, gulai kuning, kuah santan, kepala serundeng, kerupuk dan bawang goreng.
Sekilas kuah kuah Lontong Dekem terlihat seperti kuah Opor, hanya saja konsistensi kuah Lontong Dekem lebih encer dibandingkan kuah Opor. Rasanya tentu saja terkenal, London Dedem kebanyakan pedas dan asin.
Rasa pedas masakan ini bukan berasal dari cabai, melainkan dari serai yang digunakan sebagai bumbu sambal. Kata dekem berasal dari cara pengolahannya, yaitu. sebelum disajikan, lontonga dicelupkan lagi ke dalam air lalu dituang lagi, dst.
"Dekem" Pemalang artinya tertanam dalam bahasa Jawa. Beberapa makanan ini biasanya dijual dengan harga Rp9.000.


*BACA JUGA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS
*BACA JUGA INFO LAINNYA DI GOOGLE TRENDS

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daya beli di Pasar Kuliner Surabaya membaik 

Daya beli di Pasar Kuliner Surabaya membaik  Bisnis dan operasional di kota Surabaya adalah operasional yang bisa bertahan dari pandemi. Hal ini tercermin dari pertumbuhan transaksi di awal tahun 2023. "Dibandingkan dengan tingkat tahunan, pertumbuhannya bisa 60-70 persen," kata ekonom kuliner Agoes Tinus Lis Indrianto kemarin (13/2). Dari momen Natal dan Tahun Baru, Anda bisa merasakan pertumbuhan yang jelas. Setelah itu, tren terus naik hingga Februari tahun ini. Dekan Fakultas Pariwisata Universitas Ciputra Surabaya mengatakan, daya beli masyarakat sudah kembali normal. "Pekerjaan dan ekonomi mulai stabil. Oleh karena itu, uang yang ada sudah dapat digunakan." Daya beli di Pasar Kuliner Surabaya membaik  Karena itu, kini restoran dan kafe mendapatkan keuntungan seperti sebelum pandemi. “Memang pembukaan cabang baru atau pendirian restoran baru sudah di depan mata,” jelasnya. Artinya pengusaha dan konsumen optimis dengan situasi saat ini. Karena itu, Agoes meliha

5 ide bisnis makanan modern di tahun 2023

5 ide bisnis makanan modern di tahun 2023 Makanan kekinian adalah salah satu ide bisnis yang bisa diimplementasikan di tahun 2023. Karena setiap tahunnya selalu ada makanan kekinian yang viral yang biasanya banyak diminati dan didambakan banyak orang. Namun, memasuki dunia usaha atau bisnis tentunya tidak mudah. Tentunya meskipun Anda sudah memiliki ide makanan modern yang ingin Anda terapkan, masih diperlukan beberapa langkah sebelum akhirnya Anda memulai bisnis yang menjual makanan tersebut kepada pelanggan. Dibutuhkan modal, pola pikir dan strategi yang tepat untuk menilai semua konsekuensi yang mungkin terjadi. Sebelum menyelami tips memulai bisnis makanan modern, simak dulu beberapa tren makanan kekinian yang bisa Anda sesuaikan. tonton lebih banyak   1. dimsum Makanan modern jenis ini merupakan makanan khas China yang dikukus dan disajikan dengan saus atau sambal yang khas. Ada banyak pilihan dan banyak penjual bahkan menjual dim sum masing-masing seharga Rp 1000. Ide bisnis bis

5 Makanan dan Minuman yang Diharapkan Sukses di Tahun 2023 | Enak dan sehat!

5 Makanan dan Minuman yang Diharapkan Sukses di Tahun 2023 | Enak dan sehat! 5 Makanan dan Minuman di Tahun 2023 | Enak dan sehat! Tak terasa kita harus mengucapkan selamat tinggal pada tahun 2022. Selama setahun terakhir, makanan Korea Selatan, Jepang, dan Indonesia berhasil merajai tren kuliner di jejaring sosial, terutama di TikTok dan Twitter. Menurut laporan Food Network, tren makanan di tahun 2023 sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tahun 2022. Padahal, makanan Korea Selatan yang berasa seperti api akan terus mendominasi tren makanan di tahun 2023, seperti: B. Dakgangjeong atau ayam manis dan pedas. Nah, tren makanan ini pasti akan menjadi ide penjualan yang menarik bagi para retailer tahun ini. Mungkin untuk menginspirasi Anda menjual uang, berikut sepuluh tren makanan yang kemungkinan besar akan viral di tahun 2023. 1. Katsu Sando Sandwich ala Jepang yang diisi dengan katsu wagyu, telur, dan sayuran diperkirakan akan populer di tahun 2023, mengalahkan sandwich buah. 2. Ayam Pe